Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Mengintegrasikan Pendidikan Karakter dalam IPA-Fisika
Nama Sekolah : SMPN Peduli Bangsa
Mata Pelajaran : IPA-Fisika
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : 1.Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan
menggunakan peralatan
Kompetensi Dasar : I.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat
ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari
Indikator Pembelajaran :
·Mengidentifikasi jenis-jenis alat ukur sesuai dengan besaran yang diukur
·Menggunakan alat ukur
·Melakukan tahapan pengukuran sesuai prosedur kerja
·Membuat Laporan hasil pengukuran
Tema : Lingkungan
Waktu : 2 × 40 menit
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat mengidentifikasi alat ukur sesuai dengan besaran yang diukur.
2. Siswa dapat menggunakan alat ukur
3. Siswa dapat melakukan tahapan pengukuran sesuai prosedur kerja
4. Siwa dapat membuat laporan hasil pengukuran
B. URAIAN MATERI PEMBELAJARAN
1. Appersepsi
a. Berapa tinggi badan kamu ?
b. Bagaimana cara mengetahui tinggi badan kamu ?
c. Alat ukur apa saja yang ada dirumah kamu ?
2. Inti
Kegiatan I:
Situasi masalah (soal) keseharian tentang kegiatan mengukur.
Misalnya:
Dirumahmu terdapat alat-alat ukur seperti; Mistar, Jangka Sorong, Mikrometer Skrup, Neraca, dan Stop watch. Pada suatu hari Ibumu akan membuat kue dan bahan-bahan untuk pembuatannya terdiri atas : Terigu, Gulu, Susu, Mentega, Telor, Kertas Minyak, Karton,. Jika kamu diminta untuk membantu ibu menyelesaikan pekerjaan itu. Apa yang akan kamu lakukan pada saat akan dan selesai membuat kue tesebut ? Jelaskan alasannya.Adakah di antara alat ukur tersebut yang tidak digunakan ? Mengapa
Kegiatan II:
Situasi masalah yang disajikan dalam LK/LT dan penyelesaiannya menggunakan Alat ukur dalam pemecahan masalah.
MENGUKUR BESARAN
Berikut ini gambar dari beberapa alat ukur dan benda-benda yang akan diukur, masing-masing alat ukur memiliki ketelitian dan fungsi yang berbeda-beda, dan benda yang akan diukur memiliki bentuk, ukuran, dan jenis yang berbeda-beda.
Berdasarkan situasi masalah di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut:
1. Berikan alasan, mengapa pasangan alat ukur dan bahan yang akan diukur yang disikan pada kolom (3) seperti itu?
2. Tuliskan ketelitian masing-masing alat ?.
3. Bagaimanakah tahapan yang harus dilakukan bila kamu disuruh utuk mengukur benda-benda tersebut ?
4. Gunakan benda-benda yang sebenarnya, kemudian lakukan pengukuran dan setelah kamu melakukan pengukuran buatlah laporan hasil pengukuranmu ?
A. MODEL/METODE PEMBELAJARAN
Model : Contextual Teaching and Learning dengan Tink-Pair
Metode : Diskusi dan Ekspositori
B. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:
No | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter yang Muncul |
1. | Pendahuluan (15’) 1.Berdo’a sebelum belajar. 2.Mengecek kehadiran siswa. 3. Menanyakan kabar siswa yang hadir serta menanyakan alasan siswa yang tidak hadir. 4.Secara klasikal, menginformasikan tujuan pembelajaran yaitu: · Siswa dapat mengidentifikasi alat ukur sesuai dengan besaran yang diukur. · Siswa dapat menggunakan alat ukur · Siswa dapat melakukan tahapan pengukuran sesuai prosedur kerja · Siwa dapat membuat laporan hasil pengukuran 5.Secara lisan, siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan (appersepsi) berikut: a. Berapa tinggi badan kamu ? b. Bagaimana cara mengetahui tinggi badan kamu ? c. Alat ukur apa saja yang ada dirumah kamu ? | Ketakwaan Kedisiplinan Kepedulian, empati Rasa ingin tahu Mandiri, komunikatif, teliti, dan ulet |
2. | INTI (50’) Kegiatan 1: 1. Dengan mengacu kepada sumber belajar yang tersedia di dekatnya, siswa mengerjakan situasi masalah keseharian tentang pengukuran. (Eksplorasi). Benda-benda yang akan dugunakan untuk membuat mainan robot-robotan. 2. Siswa diberi kesempatan untuk menjawab penyelesaian masalah tersebut di papan tulis dan menjelaskannya. Siswa lain dan guru menanggapinya. (Konfirmasi). Kegiatan 1I (Elaborasi): 1. Siswa diminta duduk secara berpasangan dan menerima LK yang memuat informasi tentang Alat ukur dan benda-benda yang akan diukur. (Handout Peserta 5.2) 2.Secara individual, siswa menjawab (think) pertanyaan-pertanyaan dalam LK tentang kesesuaian alat ukur dengan benda yang akan diukur 3.Secara berpasangan (pair), siswa diminta untuk mendiskusikan dan menyepakati jawaban. Pekerjaan siswa dimonitor oleh guru dalam kelompoknya. 4.Untuk menguatkan pembentukan konsep dan pemahaman siswa, dua pasangan yang berdekatan (square) mendiskusikan dan menyepakati jawaban. Pekerjaan siswa dimonitor oleh guru dalam kelompoknya. 5.Kelompok menuliskan jawaban dalam kertas plano/karton/ kalender bekas dengan tampilan yang menarik 6.Dua orang anggota kelompok membawa dan menjelaskan hasil kerjanya ke kelompok lain. Masukan dari kelompok yang dikunjungi dituliskan langsung pada hasil karya. Kunjungan dirunutkan berdasarkan nomor kelompok. 7.Siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil karya-nya dan menanggapi masukan dari kelompok yang dikunjunginya. Siswa lain dan guru menanggapinya.(Konfirmasi). 8.Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru untuk menguatkan pemahaman konsep yang telah dipelajari.(Konfirmasi) 9.Siswa memajangkan hasil karyanya di dinding untuk dinilai oleh guru. | Mandiri, teliti, pantang menyerah, disiplin, tanggung jawab Mandiri, kritis, komunikatif Mandiri, , kritis, jujur, saling berbagi, berani mengambil resiko Kerja sama, tanggung jawab, toleransi Toleransi, kerja keras, tanggung jawab Tekun, tanggung jawab, kerja sama, kreatif Bersahabat/komunikatif, rasa ingin tahu, tanggung jawab, percaya diri. kritis Tanggung jawab, mandiri, percaya diri, kritis Komunikatif, percaya diri, tanggung jawab Percaya diri, menghargai prestasi Mandiri, komunikatif, percaya diri |
3. | PENUTUP (15’) 1.Siswa mengungkapkan apa yang telah difahami dari materi pembelajaran. 2.Guru berdialog dengan siswa untuk mengeksplorasi dan membuka kesadarannya akan nilai-nilai karakter yang dimunculkan dalam pembelajaran. 3.Siswa mencatat tugas atau PR | Rasa ingin tahu, komunikatif, kritis Mandiri, tanggung jawab |
E. MEDIA/ALAT/SUMBER PEMBELAJARAN
1. Lembar Kerja/Lembar Tugas(LK/LT) yang memuat informasi tentang Alat ukur dan benda yang akan diukur
2. Kertas plano/karton/kalender bekas, spidol atau cemi (berwarna-warni), danlakban kertas.
F. PENILAIAN
Penilaian hasil kerja siswa (kegiatan 1) dan hasil karya siswa (kegiatan II) dilakukan dengan menggunakan rubrik.
Kunci Jawaban | Range Nilai | ||||||||||||||||||||||||
Kegiatan I (Jawaban hasil kerja siswa): a. Redaksi kalimat untuk menjelaskan terkait dengan pemilihan alat ukur sesuai benda-benda yang akan diukur b. Menuliskan nama alat ukur yang tidak digunakan dan memberikan alasanya: | 1 – 4 | ||||||||||||||||||||||||
Kegiatan II (Jawaban hasil karya/ Laporan hasil Pengukura siswa): Diketahui: Alat Ukur dan Benda yang akan diukur, jawaban kesesuaian antara alat dan benda yang diukur
Prosedur Kerja dalam Pengukuran dan Pelaksanaan Pengukuran:
Ditanyakan: 1. Laporan Hasil Pengukuran 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil pengukuran a) Ketelitian alat b) Posisi mata pada saat melakukan pengukuran | 1 – 4 1 – 4 1 – 4 |
Rubrik untuk menilai hasil kerja/karya siswa:
No | Kriteria | Tingkat Kualitas | |||
1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. | Pemilihan Alat Ukur sesuai dengan Benda yang akan diukur | Memilih alat tidak Tepat | Ada dua pilihan alat yang tepat | Ada tiga pilihan alat yang tepat | Memilih alat dengan tepat |
2. | Melakukan kegiatan mengukur sesuai prosedur | Tidak melakukan prosedur kerja | Ada satu prosedur kerja yang dilakukan | Ada dua prosedur kerja yang dilakukan | Melakukan seluruh prosedur kerja dengan benar |
3 | Menuliskan Laporan Hasil Pengukuran | Tidak menggunakan sistematika penulisan laporan | Menggunakan sistematika penulisan kurang tepat | Menggunakan sistematika cukup tepat | Menggunakan sistematika penulisanyang tepat |
____________, ________________2
Mengetahui:
Kepala__________________, Guru Mata Pelajaran Fisika
_______________________ ________________________
0 komentar:
Post a Comment